Selasa, 26 Januari 2016

7 Tips Liburan Murah untuk Karyawan

Libur bisa dikatakan sudah menjadi sebuah kebutuhan, terlebih bagi karyawan. Sayangnya, banyak karyawan yang enggan berlibur karena beranggapan liburan itu mahal.

Jangan khawatir jika Anda salah satu dari mereka. Anda bisa menyiasati liburan sehingga menjadi murah. Dengan demikian, Anda akan menikmati momen liburan yang mengesankan tanpa berutang kepada tetangga atau rekan kerja sepulang dari liburan. Kondisi ini akan membuat Anda bersemangat kembali melakukan rutinitas kerja.

Untuk membantu Anda berlibur dengan murah, berikut 7 tips yang layak Anda coba.

1. Rencanakan liburan jauh hari

Liburan yang murah hanya dapat diperoleh apabila Anda merencanakannya. Buatlah daftar hal-hal yang berhubungan dengan rencana liburan mendatang. Dalam merencanakan liburan murah, jangan terapkan SKS (sistem kebut semalam). Lakukan perencanaan liburan Anda beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelumnya.

Gunakan waktu Anda untuk survei tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Jika Anda harus membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan tempat wisata, segera cari paket promo di internet dan sesuaikan jadwal liburan Anda sehingga Anda bisa lebih berhemat. Biasanya pemesanan tiket melalui internet jauh hari lebih hemat daripada Anda membelinya langsung di lokasi.

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat perencanaan adalah durasi liburan. Apabila Anda sudah menentukan berapa lama Anda akan berlibur, Anda harus mencari informasi tentang tempat menginap. Gunakan kemudahan yang ditawarkan oleh internet untuk menjelajahi tempat menginap yang sesuai dengan budget Anda.

Menentukan hal-hal atau kegiatan yang akan Anda lakukan selama liburan juga menjadi poin penting agar tidak menguras habis kantong Anda seperti berjalan-jalan di pantai, pergi ke tempat-tempat wisata dengan tiket masuk murah dan makan di warung-warung sederhana. Perencanaan liburan yang matang dan dilakukan jauh hari akan membuat Anda lebih berhemat.

2. Gunakan paket wisata

Jika Anda ingin tetap berhemat namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan survei tempat wisata, atau tidak tahu dengan pasti daerah yang akan dituju, Anda dapat mencari paket wisata. Paket wisata ditawarkan oleh layanan tour and travel agent. Tanyakan tentang paket wisata kepada rekan kerja atau kerabat Anda yang sudah pernah berlibur ke tempat wisata tersebut kemudian bandingkan dengan paket wisata hasil pencarian di internet.

Dalam memilih paket wisata, Anda harus teliti memperhatikan setiap penawaran dalam paket tersebut. Tanyakan dan gali informasi secara mendetail tentang paket wisata yang Anda pilih. Selain itu, menurutAgentWisata.com, Anda juga harus memilih agen wisata yang legal. Hal ini sangat diperlukan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan saat Anda bertransaksi melakukan pembayaran.

Mengambil paket wisata dari agen atas rekomendasi rekan kerja atau kerabat terdekat juga memberi manfaat untuk Anda. Selain agen tersebut sudah terbukti berkualitas, Anda juga bisa negosiasi harga apalagi jika rekan kerja atau kerabat Anda telah menjalin hubungan yang baik dengan agen tersebut.

3. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari

Apabila Anda hendak berlibur ke luar kota atau ke luar pulau dan memilih naik pesawat untuk sampai ke tempat wisata idaman, Anda harus memesan tiket pesawat paling tidak beberapa minggu sebelumnya. Menurut TicketIndonesia.info, tiket pesawat yang murah biasanya tersedia untuk penerbangan yang tanggal terbangnya masih jauh.

Selain itu, Anda disarankan untuk melakukan perjalanan di luar tanggal merah dan libur nasional karena tiket pesawat murah seringkali habis saat hari-hari tersebut. Mencari tiket pada hari Sabtu dan Minggu sebaiknya dihindari karena harga tiket pesawat mahal saat weekend.

Untuk memesan tiket pesawat jauh-jauh hari, manfaatkanlah media online sepertiTraveloka.comNusaTrip.comTiket.com,PegiPegi.com, dan website penyedia layanan pembelian tiket pesawat lainnya. Bandingkan harga tiket pesawat di semua website tesebut dan pilih tiket pesawat termurah yang Anda inginkan. Cara ini akan membuat Anda semakin berhemat.

4. Pilih penginapan yang pas, bukan mewah

Setelah Anda memutuskan untuk berlibur selama beberapa hari, saatnya Anda memilih penginapan yang sesuai budgetdan kebutuhan Anda. Seringkali penginapan atau hotel hanya digunakan untuk kebutuhan dasar seperti menaruh barang-barang bawaan, membersihkan diri, dan tidur.

Pilihlah penginapan atau hotel yang dengan fasilitas-fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Sebagai contoh, apabila Anda tidak ingin berenang, akan mubazir dan boros jika memilih penginapan atau hotel dengan fasilitas kolam renang di dalamnya.

Jadikan kenyamanan dan keamanan sebagai prioritas dalam memilih tempat menginap yang pas untuk Anda. Di samping itu, Anda perlu mencari informasi di internet tentang tempat-tempat rawan kejahatan di daerah tersebut. Jangan sampai Anda menginap di tempat yang tidak aman.

Selain itu, Anda sebaiknya memilih lokasi penginapan yang dekat dengan objek wisata dan tempat makan atau supermarket di sekitarnya. Hal ini akan memudahkan Anda saat lapar dan mencapai tempat wisata dengan mudah tanpa harus keluar ongkos transportasi. Jadi, biaya liburan Anda akan lebih murah.

5. Cari informasi transportasi di tempat liburan

Untuk menjelajah daerah wisata dan sekitarnya, ada baiknya Anda mencari tahu jasa transportasi di sana seperti sewa mobil, sewa sepeda motor, taxi, bus atau angkutan umum lainnya. Pelajari cara terbaik dan termurah dalam memilih alat transportasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Jasa transportasi online seperti Go-jek dapat Anda jadikan alternatif jika Anda melakukan perjalanan wisata seorang diri.

Apabila Anda memilih berwisata ke Bali, transportasi umum Bus Sarbagita menjadi pilihan yang pas dan murah untuk melakukan perjalanan di wilayah-wilayah tertentu seperti Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan. Tarif yang dikenakan untuk penumpang sangat murah yaitu untuk kategori umum sebesar Rp 3.500 per orang dan pelajar atau mahasiswa dikenakan tarif sebesar Rp 2.500 per orang, tanpa perhitungan jarak.

Dengan menggali informasilebih banyak tentang transportasi di sekitar tempat wisata, Anda akan terbantu dalam mengambil keputusan yang tepat sehingga Anda lebih hemat.

6. Tidak perlu ke luar negeri

Anda tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati momen liburan. Pelajari kota, pulau atau negeri di mana Anda tinggal. Temukan tempat-tempat yang merupakanhidden paradise dan belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Anda akan takjub dan merasa menjadi warga yang asing karena belum mengenal wilayahnya secara menyeluruh.

Hidden Paradise ini dapat menjadi tujuan wisata atau liburan yang murah karena belum banyak dijamah wisatawan dan belum dikelola oleh investor atau pemerintah setempat sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek untuk memasuki area tersebut.

Selain menikmati liburan murah, menjelajah negeri sendiri dapat membuat Anda lebih mengenal negeri sendiri dan memperkaya wawasan dengan mempelajari sejarah dan seni budaya bangsa dari objek wisata dalam negeri.

7. Tidak sedang puncak liburan

Merencanakan liburan saat low season, bukan masa atau puncak liburan akan membuat Anda jauh lebih berhemat daripada memilih berwisata pada masa liburan atau high season. Reservasi tiket pesawat, penginapan atau hotel akan lebih mahal saat longweekend dan peak seasonseperti Natal, tahun baru, dan hari libur lainnya daripada hari kerja biasa. Jadi, pilihlah waktu yang tepat untuk berlibur yaitu setelah atau sebelum musim liburan.

Memilih bepergian saat low season akan membuat Anda lebih leluasa karena objek wisata biasanya lebih sepi sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan tenang tanpa berdesak-desakan. Karena tak banyak wisatawan yang berkunjung, jalanan menuju tempat wisata pun terhindar dari macet. Selain hemat uang, Anda pun akan menghemat waktu.

Banyak hal yang dapat Anda upayakan agar anda tetap berhemat saat liburan tanpa mengurangi esensi dan manfaat dari berlibur. Pikirkan dengan baik dan rencanakan dengan matang sehingga Anda akan mendapat liburan murah, namun tidak murahan. Sebagai tahap awal, cobalah menerapkan ketujuh tips di atas.

Dikutip dari klik Disini

Related Posts

7 Tips Liburan Murah untuk Karyawan
4/ 5
Oleh